Kondisi kulit wajah saya cenderung berminyak, apalagi didaerah T-Zone dan sensitif. Kalau nggak rajin-rajin touch up dalam 2 jam bakalan terlihat kusam dan seperti gorengan :) Katanya sih ada sisi positif buat kulit berminyak, wajahnya akan terlihat lebih muda dibandingkan sama yang memiliki kulit kering. Namun sisi negatifnya kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat, apalagi saya suka touch up pake kertas minyak (paper oil) atau bedak semakin membuat kulit saya gampang berjerawat. Memang jerawat saya nggak banyak, tapi jika tumbuh satu bekas hitam-hitamnya seperti flek noda hitam yang susah banget hilangnya. Nah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan kulit tersebut?

PENGARUH KUALITAS UDARA TERHADAP KESEHATAN KULIT

Selain faktor kondisi kulit saya yang berminyak, faktor udara juga mempengaruhi kesehatan kulit. Tahukan Surabaya juga polusi dan panasnya nggak kalah sama di Jakarta. Salah satu ketakutan saya jahatnya polusi dan panas adalah nantinya akan menimbulkan flek hitam diwajah. Banyak juga teman-teman saya yang seusia saya banyak banget flek hitamya, padahal menurutku dia masih muda. 

Polusi udara di Indonesia, khususnya di Jakarta dan kota-kota besar lainnya, merupakan masalah serius yang memengaruhi kualitas hidup penduduk. Berdasarkan laporan terbaru Kualitas Udara Dunia IQAir 2023, Indonesia menduduki peringkat ke-7 sebagai negara dengan tingkat polusi udara tertinggi di dunia.

Polutan yang biasa ditemukan di Jakarta adalah PM2,5 dimana konsentrasinya 16,8 kali lipat dari rekomendasi WHO dengan predikat “tidak sehat”. Alhasil, polusi udara dapat mengakibatkan berbagai implikasi kesehatan, termasuk diantaranya kesehatan kulit.

Gangguan kesehatan kulit mulai dari:

Radang, iritasi, jerawat hingga penyakit eksim bisa muncul karena polusi udara.

Pigmentasi kulit bisa terjadi akibat polusi, mulai dari hiperpigmentasi atau peningkatan produksi melanin, sehingga menyebabkan timbulnya bintik atau bercak gelap pada kulit yang terpapar langsung dengan polutan.

Polusi udara seperti yang terjadi di Jakarta juga berkontribusi pada peningkatan risiko penuaan dini dan kerusakan kulit. Polutan seperti partikel halus (PM2.5) dan polutan oksidatif dapat merusak kolagen dan elastin kulit, sehingga menyebabkan keriput, garis halus dan mengurangi kekencangan kulit.

Lain halnya ketika kita berada di luar kota, di alam terbuka yang kualitas udaranya lebih baik, manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan pikiran bisa langsung terasa dibandingkan dengan ketika kembali ke tengah kota yang penuh dengan polusi. Itu karena tubuh membutuhkan ion negatif dan ion negatif tersedia secara berlimpah di alam, terutama daerah seperti pantai, pegunungan dan air terjun.


Bagaimana Saya Merawat Kulit Wajah??? 

Saya termasuk salah satu wanita yang rajin banget merawat wajah. Prinsip saya tua itu pasti, tapi jika dirawat sejak dini maka segala permasalahan kulit seperti keriput, jerawat, timbul bintik atau bercak gelap akan polutan bisa dihambat. Nah, saya salah satu orang yang merawat wajah dengan mengkombinasikan beli produk skincare dicounter dan perawatan diklinik yang menggunakan resep dokter.

Motivasi merawat wajah saya adalah Pengen seperti artis Korea yang usianya diatas 40 tahun tetap terlihat muda. Bintang Korea memang menjadi standar kecantikan di Asia. Waktu saya ke Korea, melihat wajah-wajah mereka mulus banget tanpa flek dan jerawah. Ah, siapa sih nggak pengen punya wajah seperti itu... Eh, tapi ternyata bisa kok memiliki kulit wajah seperti mereka, minimal kulitnya seperti mereka meskipun bodynya belum selangsing mereka hahahaha...

Klinik yang saya rekomendasikan untuk perawatan Skincare Korea di Surabaya yaitu Skinda HR dengan Dokter Agnez Tasya. Saya diperkenalkan dengan Xtracare yaitu Ionic Skincare System Pertama Di dunia yaitu rangkaian skincare holistik terbaru untuk self healing kulit.


Untitled


XTRACARE: IONIC SKINCARE SYSTEM PERTAMA DI DUNIA

RANGKAIAN SKINCARE HOLISTIK TERBARU UNTUK SELF-HEALING KULIT

Menurut informasi dari dr. Stanley Setiawan, Sp.DVE., FINSDV, FAADV:

Satu inovasi teknologi Korea yang saya lihat mampu menjawab kebutuhan kulit adalah Ion 

Balancing Minerals. Ini terobosan baru yang sangat penting, karena sebenarnya, skin barrier di kulit manusia itu bisa melakukan self-healing ketika diberi perlakuan yang tepat.

Ion Balancing Minerals adalah teknologi pertama di dunia yang berhasil menggunakan ion dari mineral alam kalsium dan magnesium dalam formulasi skincare yang stabil. Ion sendiri adalah molekul bermuatan listrik yang terdapat di alam termasuk sel tubuh kita. Ketidakseimbangan ion dalam sel tubuh dapat menyebabkan berbagai permasalahan seperti meningkatnya radikal bebas hingga peradangan. Dengan kadar ion yang seimbang, kalsium dan magnesium akan membantu sel kulit untuk self-healing dan memperkuat skin barrier, mengunci kelembaban, dan melindungi kulit dari bakteri penyebab infeksi dan jerawat.

Saat dikombinasikan dengan Intercellular Lamellar Emulsion–formulasi dengan konsentrasi ceramide, kolesterol, dan asam lemak yang sangat spesifik dan menyerupai struktur kulit manusia, sel kulit akan terangsang untuk membentuk kolagen dan memperbaiki jaringan yang rusak ataupun mengalami penuaan.

Xtracare adalah rangkaian produk skincare pertama dari Interbat Aesthetic yang pastinya sudah teruji klinis dan mampu memperbaiki skin barrier dan mengembalikan fungsi kulit yang rusak. Xtracare juga Satu-satunya skincare yang mengandung KALSIUM DAN MAGNESIUM di dunia.

Meski teknologi yang digunakan sangat mutakhir, namun bahan-bahan aktifnya diekstraksi dari tumbuh-tumbuhan serta mineral alam, sehingga aman bahkan untuk kulit yang rentan dan sensitif. Xtracare terdiri dari 2 rangkaian kategori yaitu Xtrabarrier dan XtrawhiteMasing-masing kategori memiliki rangkaian produk yang lengkap seperti cleanser, booster, serum, dan lainnya. 


Maret lalu, Interbat Aesthetic meluncurkan rangkaian produk pertamanya di bawah brand Xtracare sebagai Ionic Skincare System pertama di dunia yang memadukan teknologi Ion Balancing Minerals dengan Intercellular Lamellar Emulsion



Bisa dibilang ketika saya mengulas produk kecantikan saya benar-benar mencoba produknya. Seperti produk Xtrace ini. Meski baru dilaunching tahun ini, namun produk Xtracare dapat mengobati keluhan dan permasalahan kulit yang saya alami. Saya menggunakan yang Xtrawhite dengan rangkaian lengkap seperti cleanser, booster dan serum. Rangkaian produk yang saya gunakan yaitu :




Xtracare Ionic Brightening Cleanser

Key Ingredients: Calcium Gluconate, Magnesium PCA, Centella Asiatica Extract, Salicylic Acid, Citric Acid, Portulaca Oleracea Extract, Hyaluronic Acid

Ini merupakan cleanser atau facial wash. Nggak ada aroma yang menyengat ketika digunakan. Setelah digunakan wajah terasa segar, bersih dan kesat. Cara menggunakannya pagi dan malam hari sebelum tidur, tuang pada telapak tangan, usapkan pada wajah yang basah dan bilas sampai bersih. Jangan lupa membersihkan wajah itu penting banget karena jerawat salah satunya karena wajah yang kurang bersih, bisa karena udara, polusi maupun sisa make up.


Untitled


Xtracare Refining Toner

Selanjutnya setelah membersihkan wajah aku pakai Xtrace Refining Toner. Cara pakainya tinggal dioleskan ke seluruh wajah pada waktu pagi dan malam hari. Yang aku suka dari produk ini yaitu produknya tanpa alkohol jadi aman banget. Aromanya seperti tumbuh-tumbuhan.


Untitled


Key Ingredients: Magnesium PCA, Calcium Gluconate, Citric Acid, Polyglutamic Acid, Hyaluronic Acid, Niacinamide

 Xtracare Ionic Radiance Serum

Key Ingredients: Calcium Gluconate, Magnesium PCA, Glycerin, Squalane, Dimethicone, Niacinamide, Hyaluronic Acid, Centella Asiatica Extract, Palmitic Acid, Phytosphingosine

Rangkaian terakhir aku pake serumnya ini tujuannya menjaga kualitas lapisan kulit dan merangsang regenerasi agar kulit menjadi rata dan berpori halus. 


Menurutku dalam 2 minggu hasilnya udah kelihatan. Aku seneng banget kalau pagi lagi nggak pake bedak atau make up apapun wajahku kelihatan cerah dan glowing. Pori-pori pun mengecil dan flek hitam bekas jerawat memudar. Nggak salah sih karena Xtracare: Ionic Skincare System Pertama di Dunia.


Untitled


Produk Xtracare bisa didapatkan melalui resep dokter di klinik-klinik dermatologi terkemuka


Seperti aku tulis di atas produk Xtracare ada di klinik Skinda HR di Surabaya. Produk ini bisa didapatkan dari prescription dokter dengan kualitas dan efektifitasnya yang sudah teruji secara klinis sehingga aman dan nyaman, kalau mau konsultasi bisa langsung di dr Agnez Tasya  dan IG klinik: @skindaclinic.aesthetic


Produk unggulan pertama adalah Xtracare Ionic Rejuvenating Essence, yang dikemas dalam wadah inovatif sehingga tidak memiliki risiko produk tercemar atau terkontaminasi udara atau paparan matahari, sehingga keamanan produk dan kebersihannyapun terjamin. Kinerja kandungannya efektif menyegarkan kulit, mengembalikan kesehatan kulit dari dalam serta merangsang produksi kolagen untuk memperbaiki tekstur kulit. Produk unggulan kedua adalah Xtracare Hydrating Lotion dengan formula yang ringan, menyerap dengan cepat, namun bisa menjaga kelembaban kulit hingga 8 jam sejak pemakaian. Ideal untuk kulit yang halus, kering ataupun stress.